Halfeti Target Tarik 1 Juta Turis di Musim Baru

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sebuah kota pesisir yang terletak di tengah padang rumput tenggara di provinsi Şanlıurfa, distrik Halfeti menyambut ribuan pengunjung setiap tahun dengan struktur sejarah mistis dan keindahan alamnya, dan sekarang berupaya untuk meningkatkan jumlah pengunjung pada musim semi ini.

Halfeti, bagian yang dibanjiri oleh Bendungan Birecik yang dibangun di atas Sungai Efrat, dimasukkan dalam jaringan “kota tenang” oleh Komite Koordinasi Internasional Cittaslow pada tahun 2013 berkat fiturnya yang tenang dan damai dan memperoleh pandangan yang sama sekali berbeda dengan orang-orang yang tertarik untuk mengunjungi tempat itu, terutama di musim semi.

Di distrik yang dijuluki sebagai “surga tersembunyi” di tenggara Turki karena rumah batu bersejarah dan keindahan alamnya, wisatawan mengikuti tur perahu ke “kota yang tenggelam”, yang sebagian berada di bawah air. Selama tur perahu ini, wisatawan berkesempatan untuk menyaksikan kemegahan Kastil Rumkale, yang pernah menampung banyak peradaban, bahkan dari kejauhan.

Desa Savaşan di distrik, di mana menara masjid bawah air dan bangunan tua yang terbengkalai berada, juga merupakan salah satu tempat menarik di wilayah tersebut. Pengunjung yang mengunjungi Masjid Agung, yang sebagian berada di bawah air, juga berkesempatan untuk melihat tanaman “Karagül”, yang hanya tumbuh di Halfeti di dunia.

Meskipun distrik ini menampung sejumlah kecil turis tahun lalu karena wabah COVID-19, distrik itu menjadi salah satu tempat populer bagi pengunjung, terutama pada akhir pekan, karena termasuk dalam kategori “berisiko rendah” pada COVID-19 negara itu

Berbicara kepada Anadolu Agency yang dikelola negara, Walikota Halfeti Şeref Albayrak mengatakan bahwa Halfeti telah menjadi pusat pariwisata penting di wilayah tenggara dan mencapai jumlah pengunjung tertinggi pada tahun 2019.

Menyatakan bahwa ada penurunan pariwisata di Halfeti karena pandemi tahun lalu, Albayrak mengatakan: “Tahun lalu, aktivitas pariwisata di Halfeti menurun 30 persen. Dengan proses normalisasi baru dan pencabutan larangan akhir pekan, kota ini mulai menyambut wisatawan sekali lagi karena termasuk dalam kategori berisiko rendah.”

Memperhatikan bahwa wisata perahu sangat populer di kabupaten tersebut, Albayrak mengatakan bahwa pengunjung juga menunjukkan minat yang besar dengan wisata di Sungai Efrat ini.

Menyatakan bahwa semua wilayah di distrik telah menerapkan langkah-langkah COVID-19, Albayrak mengatakan: “Tujuan utama kami adalah menampung 1 juta pengunjung. Tentu saja, tidak mudah untuk memprediksi arah pandemi, tetapi tujuannya akan selalu mencapai 1 juta pengunjung karena terletak di titik persimpangan bagi pengunjung yang mengunjungi Şanlıurfa, Göbeklitepe, Gaziantep dan Adıyaman.”

“Halfeti akan terus menjadi pusat daya tarik karena kami telah memperkuat infrastruktur pariwisata dengan investasi yang telah kami lakukan di kabupaten tersebut dalam beberapa tahun terakhir,” tambahnya.

Albayrak juga mengatakan bahwa Halfeti merupakan alternatif penting bagi mereka yang ingin berwisata ke kota yang dikelilingi alam.

“Halfeti adalah tempat di mana sejarah dan alam saling terkait. Kami mengundang orang-orang untuk mengunjungi distrik kami untuk menenangkan pikiran karena mereka akan jauh dari pandemi,” katanya.

Sumber: Hurriyet

Terjemahan bebas Bagbudig

Hosting Unlimited Indonesia
bagbudig
About bagbudig 858 Articles
Bagbudig.com adalah media diskusi antar penulis dan pemikir lintas golongan. Bagbudig.com menerima sumbangan tulisan berupa opini, ulasan buku atau catatan perjalanan. Silakan kirim ke email: bagbudig@gmail.com.