İzmir Cari Situs Warisan Dunia

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Provinsi Aegean dari İzmir, populasi terbesar ketiga di Turki, mencari status Warisan Dunia untuk empat zona yang akan dicantumkan dalam Daftar Sementara Warisan Dunia UNESCO: Kota Pelabuhan Bersejarah, desa Birgi, Delta Gediz dan kastil Foça, Çandarlı dan Çeşme.

Dalam pernyataan tertulis yang dibuat oleh Kota Metropolitan İzmir, “pekerjaan sedang dalam proses,” kata Walikota Tunç Soyer.

“Kami bekerja dengan setia dengan semua mitra di İzmir, terutama dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, untuk menobatkan İzmir dengan lebih banyak status Warisan Dunia UNESCO. Karena İzmir adalah area yang sangat penting dalam skala dunia dengan nilai budaya dan alamnya.”

Kota ini akan meningkatkan jumlah situs UNESCO dan nilai merek kota dengan pemahaman pariwisata yang berkelanjutan, kata walikota.

Kota kuno Ephesus dan Area Lanskap Budaya Multilayer Bergama, juga dikenal sebagai Pergamon, telah dimasukkan dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Efesus adalah contoh luar biasa dari kota pelabuhan Romawi, dengan alur laut dan cekungan pelabuhan. Penggalian telah mengungkapkan monumen-monumen besar dari periode Kekaisaran Romawi termasuk Perpustakaan Celsius dan Teater Agung.

Sisa-sisa Kuil Artemis yang terkenal, salah satu dari “Tujuh Keajaiban Dunia”, menarik para peziarah dari seluruh Mediterania. Sejak abad ke-5, Rumah Perawan Maria, sebuah kapel yang berjarak tujuh kilometer dari Efesus, menjadi tempat utama ziarah Kristen.

Area Lanskap Budaya Multilayer berisi lapisan Periode Pergamon, Helenistik, Romawi, Romawi Timur, dan Ottoman. Kota itu, ibu kota Kerajaan Hellenistik Pergamus, merupakan pusat pendidikan yang penting. Bergama, yang kemudian menjadi ibu kota Kekaisaran Asia dari Kekaisaran Romawi, menjadi tuan rumah Asklepion yang merupakan salah satu pusat kesehatan terpenting pada masanya.

Kota pelabuhan bersejarah yang terletak di antara Kadifekale dan Kemeraltı memiliki memori budaya selama 2.500 tahun. Ini didefinisikan sebagai museum terbuka berlapis yang berisi jejak-jejak periode Helenistik, Roma kuno, Bizantium, Ottoman, dan Turki modern.

Kemeraltı bazaar, yang dikenal sebagai salah satu pusat perbelanjaan terbuka terbesar dan tertua di dunia, memiliki struktur budaya yang sangat berwarna dengan masjid, gereja, dan sinagoganya. Ada lebih dari 2.000 contoh monumental dan arsitektur yang terdaftar.

Desa Birgi adalah salah satu pemukiman langka yang mempertahankan tekstur arsitektur tradisionalnya yang unik hingga saat ini. Ini memiliki sejumlah besar bangunan terdaftar yang bertahan hingga hari ini dengan rumah-rumah mewah, masjid, makam, madrasah, pemandian, air mancur, dan banyak karya lainnya.

Kastil Foça, Çandarlı, dan Çeşme merupakan bagian dari jalur perdagangan Genoa. Kastil Foça adalah pelabuhan komersial penting selama periode Genoa, sedangkan Kastil Çandarlı menarik perhatian karena kekokohan dan strukturnya yang megah.

Gediz Delta, yang menampung 289 spesies burung berbeda sepanjang tahun, adalah salah satu lahan basah terpenting di Turki. Delta ini diklasifikasikan sebagai “Kawasan Burung Penting dan Kawasan Keanekaragaman Hayati Utama” yang juga ditetapkan sebagai situs Ramsar.

Sumber: Hurriyet

Terjemahan bebas Bagbudig

Hosting Unlimited Indonesia
bagbudig
About bagbudig 858 Articles
Bagbudig.com adalah media diskusi antar penulis dan pemikir lintas golongan. Bagbudig.com menerima sumbangan tulisan berupa opini, ulasan buku atau catatan perjalanan. Silakan kirim ke email: bagbudig@gmail.com.