Kepemimpinan G20 dan Era Baru Arab Saudi

Cloud Hosting Indonesia
Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Oleh: Hasan Ismaik

Kepemimpinan Arab Saudi dalam G20 di tahun yang sulit harus disambut saat Kerajaan bergerak ke era baru keterbukaan dan diversifikasi.

Pada kunjungan terakhir saya ke Arab Saudi, saya bertemu dengan sekelompok pemuda Arab Saudi yang kembali dari Barat, beberapa di antaranya telah menyelesaikan studi mereka di sana, dan yang lainnya sedang dalam kunjungan pelatihan untuk memperoleh keterampilan khusus tertentu.

Mereka sangat berambisi dan berseri-seri dengan bakat serta sangat optimis tentang masa depan yang cerah dan menjanjikan bagi negara mereka.

Sejak Raja Salman bin Abdulaziz mengambil alih pemerintahan pada tahun 2015, fokusnya yang konstan pada pemberdayaan kaum muda, memberi mereka peluang, dan mendukung mereka dalam mencapai posisi tinggi – energi kaum muda yang saya temui menunjukkan bahwa rencana tersebut mulai beraksi.

[Lazada Program] Politik dan Kekuasaan dalam Sejarah Para Khalifah Hard Cover – Pustaka Al Kautsar
Rp. 123. 302,-

Inspirasi terbesar Raja Salman kepada pemuda Saudi adalah menunjuk Mohammed bin Salman sebagai Putra Mahkota Arab Saudi. Percakapan dengan banyak anak muda Kerajaan (setengah populasi Saudi berusia di bawah 25 tahun) dipenuhi dengan hal-hal positif tentang pangeran muda, dinamis, dan paham teknologi yang memimpin negara mereka sebagai harapan untuk wilayah yang lebih luas.

Perjalanan pembangunan dan pembebasan merupakan emansipasi Kerajaan dari “kecanduan” pada minyak, seperti yang pernah dijelaskan oleh Pangeran Mohammed bin Salman.

Di samping kekuatan ekonomi, Putra Mahkota berkomitmen untuk menghilangkan ekstremisme agama yang telah menyusup ke masyarakat kita. Semua ini dimasukkan ke dalam Visi Kerajaan 2030, dari privatisasi Saudi Aramco, perusahaan terbesar di dunia berdasarkan nilai pasar, hingga pembangunan kota Neom di pantai Laut Merah, sebuah proyek bernilai setengah triliun dolar, dan “lompatan bagi peradaban manusia” seperti yang dijelaskan Putra Mahkota.

Visi tersebut dapat diringkas menjadi tiga pilar: masyarakat yang bersemangat, ekonomi yang berkembang, dan bangsa yang bercita-cita.

Dan karena ekonomi saja tidak membawa negara pada keamanan sosial dan stabilitas nasional, maka investasi pada orang dan memotivasi masyarakat menjadi penting.

Kerajaan telah memulai serangkaian proyek besar untuk menciptakan masyarakat yang terbuka dan toleran yang menantikan masa depan dan membangun warisan dan masa lalu pada saat yang sama.

Untuk mendukung upaya yang dilakukan dalam melaksanakan reformasi sosial ekonomi, pemerintah berupaya meningkatkan efektivitasnya dengan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, namun tetap tanpa mengabaikan peran politik regional dan internasional.

Raja Salman dan Putra Mahkota menyadari tanggung jawab Kerajaan yang luas, terutama di tingkat regional, di mana sebagian besar kekuatan tradisional Arab menderita krisis politik dan ekonomi, perang, dan perpecahan.

Konteks ini berarti bahwa Kerajaan telah dipaksa untuk mengambil kebijakan luar negeri yang belum pernah terjadi sebelumnya dan aktif, beroperasi di luar tanggung jawab dan dalam kerangka kelembagaan regional, terutama di Liga Arab dan Dewan Kerjasama Teluk.

Berbeda dengan pemerintah Turki atau Iran, Arab Saudi tidak memiliki ambisi regional dan internasional untuk dominasi dan manipulasi. Sebaliknya, Kerajaan bertujuan untuk masyarakat Timur Tengah yang stabil dan aman, yang telah mendorongnya untuk berurusan dengan tegas baik di lingkungan terdekat maupun yang lebih luas.

Kerajaan telah melakukannya dalam kemerdekaan penuh dan bukan saja mengandalkan aliansi tradisionalnya dengan Amerika Serikat, seperti yang dijelaskan oleh upaya Riyadh untuk mendiversifikasi mitra internasionalnya.

Raja Salman dan Putra Mahkotanya telah bekerja untuk mendiversifikasi sumber pendapatan ekonomi dan hubungan internasional Arab Saudi melalui visi baru yang sejalan dengan status regional dan internasional Kerajaan.

Seiring waktu, diversifikasi ini akan membawa perubahan penting pada lanskap geopolitik regional dan mungkin internasional.

Dalam semua hal ini, Kerajaan Arab Saudi sedang bergerak ke era baru, dengan keterbukaan sebagai fitur pertama dan paling menonjol. Riyadh bergerak dengan mantap untuk mencapai tujuan visinya dalam jadwal yang tepat dan akurat. Pasar minyak dan energi sedang diadaptasi dan terus berfungsi.

Terlepas dari arah baru dan dinamis ini, dan beragam pencapaian Arab Saudi, Kerajaan menghadapi banyak aksi reaksioner, ekstremis, dan musuh kesuksesan. Tidak hanya di sini, tetapi mereka memiliki basis dukungan revolusioner di Barat di antara beberapa aktivis naif yang tidak memahami Arab Saudi.

Apa yang mereka inginkan? Arab Saudi sedang dalam jalur reformasi dan Putra Mahkota sedang bekerja untuk memodernisasi bangsa yang berjiwa muda. Revolusi mereka pada abad terakhir telah mengecewakan Iran, Irak dan negara-negara lain. Reformasi, bukan revolusi, tapi jalan ke depan.

Arab Saudi adalah landasan untuk menghadapi proyek hegemonik Iran, Neo-Ottomanisme Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, dan terorisme dalam segala bentuknya. Kerajaan juga memiliki kapasitas terbesar untuk menyelesaikan masalah Arab yang luar biasa dan merupakan mesin pertumbuhan kawasan. Keberhasilan Saudi akan tercermin dalam kemakmuran bagi semua orang.

Saat tahun yang penuh gejolak ini berakhir, dan Kerajaan memimpin G20, kita semua harus berkumpul di sekitar Arab Saudi dengan dukungan dan solidaritas; Kemajuan Arab Saudi melalui keberhasilan realisasi program reformasinya adalah kunci kemajuan di Timur Tengah dan sekitarnya.

*Hasan Ismaik adalah ketua sebuah perusahaan investasi internasional, seorang pengusaha dan komentator media.

Sumber: Al Arabiya

Terjemahan bebas Bagbudig

Hosting Unlimited Indonesia
bagbudig
About bagbudig 551 Articles
Bagbudig.com adalah media diskusi antar penulis dan pemikir lintas golongan. Bagbudig.com menerima sumbangan tulisan berupa opini, ulasan buku atau catatan perjalanan. Silakan kirim ke email: bagbudig@gmail.com.