Mengatur Sektor Budaya di Arab Saudi

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Oleh: Dimah Talal Alsharif*

Selama minggu pertama Januari, peraturan yang mengatur Dana Pengembangan Kebudayaan Saudi (SCDF) disetujui. Aturan belum dipublikasikan karena otoritas terkait memberikan beberapa sentuhan akhir pada dokumen tersebut.

Dalam artikel hari ini, kita akan menyoroti fitur-fitur utama SCDF, yang bertujuan untuk mendukung sektor budaya yang sedang berkembang di Kerajaan. Dana tersebut juga akan mengatur mekanisme yang ada untuk memastikan pertumbuhan berkelanjutan dari sektor budaya di Arab Saudi sejalan dengan program reformasi Visi 2030.

Peraturan tersebut, yang belum dipublikasikan, memberikan beberapa kewenangan kepada SCDF, termasuk menawarkan solusi pembiayaan untuk berbagai asosiasi seni dan budaya, sektor jasa pendukung, dan teknologi infrastruktur untuk lembaga-lembaga ini. Dana tersebut juga dapat menerima hipotek dan jaminan lain untuk mendanai proyek budaya.

Dana tersebut bertujuan untuk mendorong investasi di sektor budaya. Untuk tujuan ini, telah diizinkan menjalin kemitraan publik dan swasta dalam memanfaatkan potensi Kerajaan yang sebenarnya.

Upaya sedang dilakukan untuk mempromosikan seni dan budaya lokal untuk meningkatkan kontribusinya terhadap produk domestik bruto sekitar SR4,6 miliar ($ 1,2 miliar) setiap tahun.

Namun, kita menantikan klarifikasi lebih lanjut tentang beberapa kekuatan dana, seperti menyediakan layanan nonfinansial kepada perorangan atau badan hukum yang bekerja di berbagai bidang budaya.

Kita optimis bahwa SCDF, dengan modal SR500 juta, akan membantu meningkatkan sektor budaya lokal dan menyoroti kekayaan warisan dan budaya Kerajaan dengan cara terbaik. Kami berharap dana tersebut dapat memberikan dorongan baru bagi upaya pemerintah dalam mempromosikan bakat lokal dan merampingkan sektor ini dalam garis modern tanpa kehilangan sentuhan dengan warisan nasional kita.

Selain SCDF, kita juga berharap dapat merumuskan kerangka hukum yang kuat untuk mengatur sektor budaya.

Ada kebutuhan untuk menetapkan aturan dan regulasi yang dapat mengawasi institusi budaya untuk menjaga check and balances yang diperlukan. Pengendalian yang efektif juga diperlukan untuk memastikan keaslian data sejarah terkait pusaka dan budaya.

Pendirian dana tersebut merupakan langkah ke arah yang benar dan dengan mekanisme yang tepat, sektor budaya di Kerajaan akan berkembang dan membantu menciptakan peluang kerja bagi pria dan wanita muda Saudi serta mempromosikan budaya dan warisan Saudi di seluruh dunia dalam sebuah cara yang efektif.

*Dimah Talal Alsharif adalah konsultan hukum Saudi, kepala departemen hukum kesehatan di firma hukum Majed Garoub dan anggota Asosiasi Pengacara Internasional.

Sumber: Arab News

Ilustrasi: alsalamhospital

Terjemahan bebas Bagbudig

Hosting Unlimited Indonesia
bagbudig
About bagbudig 858 Articles
Bagbudig.com adalah media diskusi antar penulis dan pemikir lintas golongan. Bagbudig.com menerima sumbangan tulisan berupa opini, ulasan buku atau catatan perjalanan. Silakan kirim ke email: bagbudig@gmail.com.