Mesir Terima Israel di Kairo Untuk Pembicaraan Gencatan Senjata Gaza

Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry kemarin menerima mitranya dari Israel, Gabi Ashkenazi di Kairo untuk membahas gencatan senjata yang dicapai bulan lalu antara Tel Aviv dan Hamas menyusul agresi Israel baru-baru ini di Jalur Gaza yang terkepung.

Juru bicara kementerian luar negeri Mesir, Duta Besar Ahmed Hafez, mengatakan Shoukry menekankan perlunya mengkonsolidasikan gencatan senjata dengan menghentikan semua praktik yang mengarah pada ketegangan dan eskalasi konfrontasi, terutama di wilayah Palestina, dan untuk mempertimbangkan sensitivitas Yerusalem Timur, Masjid Aqsa dan semua tempat suci Islam dan Kristen di Palestina.

Menteri Shoukry menekankan pentingnya mengambil lebih banyak tindakan yang bertujuan untuk mengkonsolidasikan gencatan senjata dengan menyediakan kondisi yang diperlukan untuk menciptakan suasana yang kondusif untuk menghidupkan kembali jalur politik yang diinginkan dan segera meluncurkan negosiasi yang serius dan konstruktif antara kedua belah pihak sambil menahan diri dari tindakan apa pun yang menghalangi upaya yang dilakukan dalam hal ini, “kata Hafez, menambahkan bahwa menteri luar negeri Mesir juga menegaskan kembali hak rakyat Palestina untuk menentukan nasib sendiri, dengan mendirikan negara merdeka mereka di perbatasan tahun 1967, dengan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya, berdasarkan referensi internasional yang relevan.

“Kedua menteri juga telah membahas cara-cara untuk memfasilitasi rekonstruksi mendesak Jalur Gaza selama tahap berikutnya, dan setuju untuk melanjutkan konsultasi antara kedua negara dan Otoritas Palestina untuk menghidupkan kembali jalur perdamaian,” tambahnya.

Sementara itu, Ashkenazi mengatakan Israel tidak akan mengizinkan bantuan yang ditunjuk untuk merekonstruksi Gaza mencapai Hamas, menambahkan bahwa Israel tidak akan memajukan file rekonstruksi Gaza tanpa pembebasan tentara Israel yang ditahan sebagai tawanan perang di daerah basis yang terkepung.

Kunjungan Ashkenazi ke Kairo, yang berlangsung beberapa jam, adalah yang pertama oleh seorang menteri luar negeri Israel dalam 13 tahun.

Sumber: Middle East Monitor

Terjemahan bebas Bagbudig

Hosting Unlimited Indonesia
bagbudig
About bagbudig 942 Articles
Bagbudig.com adalah media diskusi antar penulis dan pemikir lintas golongan. Bagbudig.com menerima sumbangan tulisan berupa opini, ulasan buku atau catatan perjalanan. Silakan kirim ke email: bagbudig@gmail.com.