Obama Kampanye Untuk Biden

Cloud Hosting Indonesia
Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Mantan Presiden AS Barack Obama tampil untuk pertama kali dalam kampanye pada hari Rabu (21/10) untuk calon Demokrat Joe Biden, yang bersaing ketat dengan Presiden Donald Trump di beberapa negara bagian, 13 hari sebelum pemilihan 3 November digelar.

Obama, yang pernah menjabat Presiden AS selama delapan tahun di mana Biden menjadi wakilnya, akan mengajak para pendukungnya untuk memberikan suara lebih awal kepada Biden dan kandidat Demokrat lainnya dalam pemilihan umum di sebuah kampanye di luar ruangan di kota terbesar Pennsylvania, Philadelphia, kata ajudannya.

Sementara Trump menuju ke North Carolina, negara bagian yang menjadi medan pertempuran penting di mana jajak pendapat menunjukkan persaingan yang ketat, untuk mengadakan kampanye bersama para pendukungnya pada Rabu malam.

Penampilan publik yang langka dari Obama, yang sering menjadi sasaran serangan Trump dan sampai saat ini masih menjadi salah satu bintang terbesar Partai Demokrat, muncul di detik-detik terakhir.

Biden dan Trump bertemu dalam debat kedua dan terakhir mereka pada Kamis malam yang memberikan kesempatan kepada Partai Republik untuk mengubah posisi persaingan yang sempat dimenangkan Biden dalam jajak pendapat nasional.

Manajer kampanye Biden, Jen O’Malley Dillon, telah memperingatkan staf dan pendukungnya bahwa dia melihat persaingan yang tinggi di 17 negara bagian, meskipun jajak pendapat nasional tampak mengunggulkan Biden.

“Seperti yang dikatakan Presiden Obama, ini adalah momen yang serba mungkin, dan kita hanya memiliki waktu dua minggu lagi dari pemilu terpenting dalam hidup kita,” kata ajudan Obama.

Biden menganggap tempat kelahirannya di Pennsylvania, negara bagian yang kalah tipis dari Trump pada tahun 2016, sebagai penentu yang harus dimenangkannya. Mantan wakil presiden itu telah mengunjungi lebih banyak negara bagian selama kampanye pemilihan umum.

Sementara itu Trump telah mendapatkan dukungan lebih besar di Pennsylvania dibanding Biden, menurut jajak pendapat Reuters / Ipsos yang dirilis pada hari Senin, yang menunjukkan pesaing itu memimpin dengan 49% hingga 45%, sedikit lebih kecil dari seminggu sebelumnya.

“Jika kita memenangkan Pennsylvania, kita akan memenangkan semuanya,” kata Trump pada Selasa malam dalam rapat umum di Erie, di sudut barat laut Pennsylvania, di mana dia memperingatkan para pendukung bahwa kebijakan Biden akan menghancurkan energi negara dan pekerjaan manufaktur.

Sampai saat ini setidaknya 35 juta orang telah memberikan suara, menurut Panitia Pemilu AS di Universitas Florida, lebih seperempat dari total suara 2016.

Trump, yang melanjutkan jadwal rapat kampanye yang padat sejak pulih dari pertarungannya baru-baru ini dengan COVID-19, akan muncul pada Rabu malam di reli bandara di Gastonia, North Carolina.

Calon wakil presiden dari Partai Demokrat Kamala Harris juga akan berada di Carolina Utara untuk acara mobilisasi pemilih di Asheville dan Charlotte.

Jajak pendapat Reuters / Ipsos yang dirilis pada hari Selasa menunjukkan Biden dan Trump hampir sama di negara bagian itu, di mana Biden memperoleh 49% dan Trump 46%.

Penampilan Obama dalam kampanye minggu ini telah mengisi celah yang ditinggalkan Biden, yang telah tinggal di rumah di Delaware sejak Senin untuk pertemuan dan persiapan menjelang debat dengan Trump di Nashville, Tennessee.

Obama mendukung Biden secara terbuka setelah dia memenangkan pertarungan pencalonan Demokrat yang kontroversial. Sejak itu, Obama menghadiri acara penggalangan dana untuk Biden, dan menyampaikan pidato penting atas nama Biden di konvensi partai.

Kampanye tatap muka telah berubah pada tahun 2020 karena pandemi virus corona, yang telah melanda Amerika Serikat dengan sangat keras.

Sumber: Reuters

Terjemahan bebas Bagbudig

Hosting Unlimited Indonesia
bagbudig
About bagbudig 530 Articles
Bagbudig.com adalah media diskusi antar penulis dan pemikir lintas golongan. Bagbudig.com menerima sumbangan tulisan berupa opini, ulasan buku atau catatan perjalanan. Silakan kirim ke email: bagbudig@gmail.com.