Oman Luncurkan Undang-Undang Baru

Cloud Hosting Indonesia
Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Oman telah memperkenalkan undang-undang baru untuk parlemen yang menetapkan bahwa pembicaraan anggaran negara dan interogasi para menteri harus dilakukan secara rahasia. UU ini telah mengurangi transparansi ketika negara yang berutang mencoba mengatasi keuangannya yang berderit dan menopang ekonomi.

Sejak mengambil alih kekuasaan setahun yang lalu, Sultan Haitham bin Tariq al-Said telah merombak entitas pemerintah dan negara dan mulai mendorong reformasi fiskal yang sensitif seperti pengurangan subsidi dan penerapan pajak pertambahan nilai, yang telah menyeret pendahulunya jatuh, Sultan Qaboos.

Pekan lalu, penguasa kesultanan mengumumkan perombakan konstitusional yang mencakup pengangkatan putra mahkota untuk pertama kalinya dan aturan baru tentang bagaimana parlemen bikameral, Dewan Oman, akan bekerja.

Undang-undang baru, yang diterbitkan dalam surat kabar resmi pada hari Minggu, menyatakan bahwa diskusi di majelis rendah terpilih dan majelis tinggi yang ditunjuk mengenai rancangan rencana pembangunan dan anggaran negara harus dilakukan secara rahasia seperti halnya sesi untuk pemeriksaan para menteri. Hukum Dasar sebelumnya tidak mengatur kerahasiaan tersebut.

S&P Global Ratings mengatakan pada hari Minggu (17/1) bahwa pihaknya yakin langkah-langkah penghematan fiskal akan diperkenalkan secara bertahap “untuk menjaga stabilitas sosial-ekonomi” di negara yang menyaksikan protes seperti Musim Semi Arab pada tahun 2011 atas pengangguran, korupsi dan reformasi politik.

Dikatakan bahwa reformasi kelembagaan baru-baru ini termasuk menetapkan garis suksesi yang jelas akan meningkatkan prediktabilitas dan stabilitas politik, tetapi defisit fiskal dan eksternal yang tinggi, pertumbuhan ekonomi yang lemah, dan pengangguran kaum muda yang tinggi masih menghadirkan tantangan yang signifikan.

Oman, produsen minyak kecil, telah menumpuk utang dengan sangat cepat dalam beberapa tahun terakhir dan keuangannya telah terpukul oleh harga minyak yang rendah dan pandemi virus corona. Dinilai sub-investment grade oleh semua lembaga pemeringkat kredit utama, ia menghadapi defisit yang melebar dan utang yang besar jatuh tempo dalam beberapa tahun ke depan.

Sumber: Middle East Monitor

Terjemahan Bebas Bagbudig

Hosting Unlimited Indonesia
bagbudig
About bagbudig 795 Articles
Bagbudig.com adalah media diskusi antar penulis dan pemikir lintas golongan. Bagbudig.com menerima sumbangan tulisan berupa opini, ulasan buku atau catatan perjalanan. Silakan kirim ke email: bagbudig@gmail.com.