Tasawuf Terakhir Segera Dibedah

Cloud Hosting Indonesia
Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Karya terbaru Miswari, ‘Tasawuf Terakhir’, akan segera dibedah pada Selasa 3 November 2020 Pkl. 19.30 WIB. Acara tersebut diselenggarakan melalui Zoom Webinar dengan Meeting ID: 813 5799 0431 tanpa password atau langsung klik link ini.

Menurut rencana, buku Tasawuf Terakhir itu akan dibedah oleh Muhammad Nur Jabir, Direktur Rumi Institute dan Kamaruzzaman Bustamam-Ahmad, Ph.D, Antroplog dari UIN Ar-Raniry.

Nantinya Miswari sebagai penulis buku akan menceritakan tentang berbagai hal terkait penulisan buku tersebut dan juga hal-hal penting lainnya tentang dunia tasawuf.

‘Tasawuf Terakhir’ diterbitkan oleh Penerbit Zahir Publishing Yogyakarta. Buku ini membahas tentang berbagai aspek tasawuf falsafi.

Dalam buku tersebut penulis mengupas pemikiran filosofis Abu Mansur Al-Hallaj, Ibn ‘Arabi, Fariduddin Attar, Jalaluddin Rumi, Mulla Sadra, Hamzah Fansuri, Ronggowarsito, dan Goenawan Mohamad.

Dalam buku ini juga membahas tentang ajaran filosofis dalam Hadis Qudsi yang kerap menjadi rujukan para ‘urafa.

Pembahasan lainnya terkait dengan dimensi esoterisme dan eksoterisme dalam Islam.

Muhammad Nur Jabir, dalam kata pengantarnya menulis, “Tasawuf Terakhir akan memudahkan kita memahami dasar-dasar pemikiran dunia tasawuf dan sufi. Buku ini menjelaskan kaidah-kaidah penting dalam pemikiran tasawuf dengan bahasa yang mudah dipahami, seperti pembahasan wahdat al-wujûd, tajallî, al-insan al-kamil, cinta, dan kaidah-kaidah lainnya yang penting untuk dipahami dalam pemikiran tasawuf.”

“Setelah membaca buku ini, saya menemukan bahwa bang Miswari merupakan salik sejati, di tangannya kajian tasawuf yang begitu luas berhasil dihadirkan dalam sebuah buku. Tidak hanya di situ, saya juga menemukan banyak sekali kajian-kajian puncak dalam tasawuf yang umumnya diuraikan panjang lebar dan penggunaan-penggunaan istilah yang pelik. Namun di tangan bang Miswari berhasil disajikan melalui kalimat-kalimat yang ringkas dan ringan.

“Saya juga menemukan begitu banyak mutiara yang tersebar dalam buku ini. Sesuatu yang umumnya susah untuk diungkapkan namun disajikan melalui kalimat-kalimat yang singkat namun padat makna, ini menunjukkan bahwa penulis bukan hanya sebatas pengamat tapi juga pengamal. Bang Miswari berhasil merangkai kajian tasawuf yang begitu luas ke dalam sebuah buku berjudul Tasawuf Terakhir. Menurut saya, buku ini adalah bacaan wajib bagi peminat tasawuf khususnya mahasiswa yang menggeluti kajian pemikiran Islam,” tulis Arizul Suwar di akun facebooknya.

‘Tasawuf Terakhir’ yang memiliki tebal xxxii + 402 halaman ini dijual dengan harga Rp. 75.000. Bagi peminat wilayah Aceh dapat menghubungi WA 081295570747 atau 081360660677. Sementara pemesanan di Pulau Jawa dapat menghubungi WA 0895355216658 atau 082113014703.

Hosting Unlimited Indonesia
bagbudig
About bagbudig 551 Articles
Bagbudig.com adalah media diskusi antar penulis dan pemikir lintas golongan. Bagbudig.com menerima sumbangan tulisan berupa opini, ulasan buku atau catatan perjalanan. Silakan kirim ke email: bagbudig@gmail.com.