Umat Muslim Seluruh Dunia Rayakan Idul Fitri di Tengah Pembatasan dan Lockdown

Cloud Hosting Indonesia
Share
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Muslim di seluruh dunia menyambut Idul Fitri pada hari Minggu (24/5) dengan banyak rintangan untuk merayakan hari libur yang biasanya dirayakan akhir bulan puasa Ramadhan karena adanya perintah untuk tetap tinggal di rumah karena pandemi coronavirus yang sedang berlangsung.

Liburan tiga hari biasanya merupakan waktu perjalanan, kumpul-kumpul bersama keluarga, dan pesta siang hari yang mewah setelah berminggu-minggu puasa dari fajar hingga sore. Namun, tahun ini sebanyak 1,8 miliar Muslim di dunia hanya dapat merayakan Idul Fitri di rumah, karena pemerintah di seluruh dunia melakukan langkah-langkah penguncian yang bertujuan memperlambat penyebaran coronavirus.

Sementara itu beberapa negara mengizinkan masjid untuk dibuka kembali di mana sebagian besar jamaah menjaga jarak dalam salat.

Umat ​​Muslim biasanya berdiri berdampingan dengan bahu bersentuhan saat salat berjamaah.

Beberapa negara, termasuk Arab Saudi, Irak dan Yordania, telah memberlakukan jam malam liburan sepanjang waktu. Tetapi banyak pembatasan telah dicabut, di mana perayaan akan dilonggarkan karena kekhawatiran pandemi dan kejatuhan ekonomi.

Di Yerusalem, polisi Israel mengatakan mereka membubarkan sebuah “demonstrasi ilegal” dan menangkap dua orang di luar masjid Al-Aqsa, yang telah ditutup oleh otoritas Muslim untuk salat sejak pertengahan Maret dan tidak akan dibuka kembali sampai setelah liburan. Para jamaah yang mencoba memasuki kompleks harus berselisih dengan polisi.

Al-Aqsa adalah situs paling suci ketiga dalam Islam dan biasanya akan menyambut puluhan ribu jamaah selama Idul Fitri. Kompleks puncak bukit juga merupakan situs paling suci bagi orang Yahudi, yang dikenal sebagai Temple Mount. Situs ini telah lama menjadi titik api dalam konflik Israel-Palestina.

Iran, yang memerangi wabah paling mematikan di Timur Tengah, mengizinkan salat bersama di beberapa masjid tetapi membatalkan salat Idul Fitri massal tahunan di Teheran yang dipimpin oleh Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei. Iran telah melaporkan lebih dari 130.000 kasus dan lebih dari 7.000 kematian.

UAE perlahan-lahan telah melonggarkan pembatasan dan memungkinkan bisnis untuk dibuka kembali. Namun, masjid tetap tertutup bagi jamaah dan umat Islam diminta untuk melakukan salat Ied di rumah tahun ini.

Pemerintah Yordania memberlakukan kuncian total pada hari pertama Idul Fitri untuk memperlambat penyebaran virus mematikan. Jalanan kosong, toko-toko dan restoran tutup. Taman hiburan yang biasanya ramai di Idul Fitri juga terlihat sepi.

Sama halnya dengan Jordan, orang-orang di Lebanon menghindari taman hiburan yang biasanya padat pada hari lebaran karena ketakutan terhadap coronavirus. Pemerintah telah memberlakukan kuncian total hingga 7 Juni; namun, orang tidak mematuhi langkah-langkah tersebut karena negara ini menghadapi krisis ekonomi yang lebih buruk dalam beberapa dekade.

Indonesia, negara dengan mayoritas Muslim terbesar di dunia, telah melaporkan hampir 22.000 infeksi dan 1.350 kematian, terbanyak di Asia Tenggara. Perintah penguncian dimaksudkan untuk menahan penyebaran pandemi yang berarti tidak akan ada salat berjamaah di masjid atau bahkan lapangan terbuka, tidak ada reuni keluarga, tidak ada kerabat yang membawa hadiah untuk anak-anak.

Meskipun langkah-langkah tersebut telah diterapkan di Indonesia, namun ribuan orang masih melakukan salat Ied berjamaah di masjid.

Di Pakistan, Idul Fitri dirayakan dalam bayang-bayang coronavirus dan setelah kecelakaan pesawat penumpang di dekat Karachi pada hari Jumat yang menewaskan 97 orang.

Untuk pertama kalinya, Pakistan merayakan Idul Fitri di seluruh negeri pada hari yang sama, mengakhiri kontroversi tahunan dalam pengamatan bulan yang menandakan dimulainya liburan.

Pakistan telah mengambil langkah-langkah untuk mengendalikan penyebaran virus corona sejak pertengahan Maret, tetapi Perdana Menteri Imran Khan menolak untuk menutup masjid selama Ramadan meskipun ada permintaan dari dokter dan meningkatnya jumlah infeksi. Pakistan telah melaporkan lebih dari 52.000 kasus dan lebih dari 1.100 kematian.

Lebih dari 1.000 jamaah berkumpul dan salat bahu-membahu di sebuah lapangan terbuka di Karachi pada hari Minggu, dan hanya beberapa dari mereka yang memakai masker.

Terjemahan bebas Bagbudig.com

Sumber: Saudi Gazette

Hosting Unlimited Indonesia
bagbudig
About bagbudig 560 Articles
Bagbudig.com adalah media diskusi antar penulis dan pemikir lintas golongan. Bagbudig.com menerima sumbangan tulisan berupa opini, ulasan buku atau catatan perjalanan. Silakan kirim ke email: bagbudig@gmail.com.